Pages

Kamis, 13 Desember 2012

Tentang Photoshop


Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunakeditor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditanfoto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakanoleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagaipemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar,dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernahdiproduksi oleh Adobe Systems.
Versi kedelapan aplikasi ini disebutdengan nama Photoshop CS, versi sembilan disebut Photoshop CS2 danterakhir ini adalah Adobe Photoshop CS3 (Creative Suite).

Photoshoptersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atasjuga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux denganbantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Adobe Photoshop CS2 yang berjalan pada Mac OS X


Fitur

Meskipunpada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakanberbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untukmemproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir jugamenyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluantersebut.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapaperangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobelainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dariAdobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effectsdan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakanpenyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect sepertibackground, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dansitus web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuatmenu dan tombol (button) DVD.

Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
RGB color model
Lab color model
CMYK color model
Grayscale
Bitmap
Duotone

Versiterbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program inidipasarkan dengan nama "Photoshop CS2." "CS" merefleksikan integrasiproduk Photoshop dengan aplikasi "Creative Suite buatan Adobe dandisebut "2" karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobemengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan padaPhotoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan "warp," versi kurvadari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya hadirsebagai plug-in 8BF.

Untuk para penggemar fotografi, Adobemenyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapatmembantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangancahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS dengan produk-produkPhotoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yangdipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampaiversi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon danbentuk identifikasinya.

The icon for Photoshop CS3 Beta.


Versibeta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15Desember 2006. Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakanbulu sebagai logonya, Logo untuk edisi ketiga ini berbentuk tipografi,dengan huruf 'Ps' berwarna putih dan berlatar belakang biru-gradien.

Camera RAW 3.x


Versiterakhirnya dilengkapi dengan Adobe Camera RAW, sebuah plugin yangdikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format fileRAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versiawal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahanbiaya $99 USD.

Secara Photoshop adalah sebuah program penyuntinggambar standar industri yang ditujukan untuk para profsional rastergrafik, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi; kira-kira US$600.Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang peralatangrafik (graphics tools) dengan harga yang lebih terjangkau. Untukmenghadapi persaingan ini, dan untuk menghadapi pembajakan produknya,Adobe memperkenalkan Photoshop Elements, sebuah versi lain dariPhotoshop yang lebih minimalis, dengan harga terjangkau; di bawahUS$100. Produk ini ditujukan untuk pengguna rumahan dan menghilangkanbeberapa fitur profesional.

Sumber : http://indra-el.blogspot.com/2010/08/tentang-photoshop.html

0 komentar:

Posting Komentar